Advertisement

Perhatikan, Set Top Box Tersertifikasi Kominfo Punya 3 Tanda Berikut Ini

JIBI
Senin, 07 November 2022 - 08:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Perhatikan, Set Top Box Tersertifikasi Kominfo Punya 3 Tanda Berikut Ini Ilustrasi. - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Pemerintah melalui Kominfo mengeluarkan sertifikat untuk Set Top Box (STB) yang bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital.

Dilansir situs resmi Kominfo, set top box adalah komponen penting dalam migrasi teknologi TV dari analog ke digital. Dengan STB, masyarakat bisa menonton televisi siaran digital yang kualitasnya lebih baik dari analog.

Advertisement

Ringkasnya STB merupakan peranti teknologi informasi yang komponen utamanya chip processor dan memory. Tugas utamanya memproses sinyal digital menjadi sinyal analog dan mengolah input siaran digital, lalu dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke televisi analog.

Adapun sertifikat yang dikeluarkan Kominfo itu muncul di perangkat set top box dengan tiga tanda khusus. Beberapa di antaranya, terdapat tulisan DVB-T2, tulisan “Siap Digital”, dan gambar maskot Modi.

“Sudah ada ketentuannya, beli set top box yang sudah bersertifikat Kominfo,” terang Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI Kominfo dalam rilis tertulisnya di situs resmi Kominfo dikutip dari Solopos.com, Senin (7/11/2022).

Set Top Box (STB) resmi Kominfo dijamin bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital.

“Ini untuk memastikan bahwa set top box yang digunakan nanti sesuai syarat-syarat ditetapkan pemerintah, salah satunya fitur EWS [Early Warning System],” tambah dia.

Informasi tentang STB yang sudah bersertifikat bisa didapatkan di aplikasi SIRANI (tersedia dalam aplikasi android dan iOS), atau di www.siarandigital.kominfo.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement