Advertisement

Reels Instagram dan Facebook Punya Fitur Baru

Rahmi Yati
Senin, 07 November 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Reels Instagram dan Facebook Punya Fitur Baru Ilustrasi fitur Instagram Reels. - Pexels

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Meta mengumumkan beberapa pembaruan dan fitur baru di Reels Instagram dan Facebook untuk pengguna di Indonesia.

Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta Ivana Kirkbride mengatakan fitur-fitur baru ini bertujuan membantu kreator menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi monetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kreator kerap menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam membuat atau mengedit Reels yang ingin mereka bagikan di Instagram. Sekarang, proses ini bisa dilakukan secara langsung, dari aplikasi-aplikasi populer seperti Smule dan semacamnya," kata Ivana, dikutip Senin (7/11/2022).

Adapun dia memerinci, sejumlah fitur baru yang dihadirkan di Facebook Reels antara lain, pertama, Facebook Reels Collabs. Layaknya fitur Collabs di Instagram, Ivana menyebut pengguna Reels di Facebook sekarang bisa menandai atau tagging pengguna lain untuk membagikan konten di Feed mereka secara bersamaan.

Menurut dia, fitur ini sangat populer di Indonesia karena telah terbukti dapat meningkatkan jumlah Views yang dihasilkan.

Kedua, Facebook Reels Explore. Fitur ini, kata Ivana, merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending, memberikan kreator inspirasi mengenai apa yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru.

Ketiga, Facebook Reactions di Reels. Lewat fitur ini, para pengikut atau penggemar konten akan mendapatkan sebuah cara baru untuk berinteraksi dengan kreator.

"Beberapa fitur baru di Facebook Reels ini membantu kreator meningkatkan engagement dan meningkatkan peluang monetisasi," ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut Ivana menambahkan, sebagai bagian dari komitmen Meta untuk membantu kreator menghasilkan uang, perusahaan resmi memperluas ketersediaan fitur Branded Content dari Instagram ke Facebook.

Layaknya di Instagram, sambung dia, pengguna Facebook Reels bisa menandai atau tagging sebuah merek yang jadi partner dari kerja sama mereka, atau yang lebih dikenal dengan paid partnership.

BACA JUGA: Twitter Tutup Kantor Sementara Usai PHK 7.500 Karyawan

Advertisement

Selanjutnya Meta juga mengumumkan produk bernama Mode Profesional, yakni pilihan pengaturan profil baru di Facebook yang didesain khusus untuk kreator.

Melalui mode Profesional, terang Ivana, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang secara langsung dari Facebook melalui fitur seperti Stars dan pendapatan iklan.

"Mereka juga juga dapat mengakses laporan analitik, materi-materi edukasi, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna aplikasi Instagram dan Facebook versi terbaru di Android dan iOs," imbuh dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Bantul
| Minggu, 04 Desember 2022, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement