Advertisement

Traktor Tercepat di Dunia Berhasil Mencetak Rekor Guinness

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Traktor Tercepat di Dunia Berhasil Mencetak Rekor Guinness JCB Fastrac Two, traktor tercepat di dunia. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON—Bila pernah mengemudi traktor, pasti memahami jika kendaraan bajak sawah ini tidak begitu cepat saat melaju. Namun, ternyata ada traktor tercepat di dunia yang bisa melaju ratusan kilometer perjam selayaknya mobil sport.

Pada dasarnya, traktor didesain dengan performa yang fokus pada tenaga, bukan kecepatan. Rata-rata kecepatan traktor yang ada hanya berkisar 65 km/jam saja. Namun, ternyata bidang pertanian saat ini membutuhkan traktor yang bisa berjalan dengan cepat.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melansir Oddity Central, sebuah pabrik traktor di Inggris JCB kemudian menginisiasi kendaraan itu beberapa tahun lalu. Mereka telah memiliki seri traktor JCB Fastrac, namun kemudian ditingkatkan kinerjanya hingga mampu mencapai 247 km/jam dengan seri JCB Fastrac Two.

Inovasi itu rupanya berhasil mencetak rekor Guinness baru untuk traktor tercepat di dunia dengan versi modifikasi dari traktor Fastrac. Dalam perjalanan sepanjang dua kilometer, kecepatan rata-rata yang bisa ditempuh yaitu 217,6 km/jam (135 mph) dan kecepatan puncak 247 km/jam (153,771 mph).

Kendaraan dengan berat yang mencapai lima ton ini tentunya harus ditingkatkan lagi aerodinamikanya agar bisa menjadi traktor tercepat di dunia.

“Mendapatkan traktor seberat lima ton untuk mencapai 150 mph dengan aman bukanlah hal yang mudah. Namun, kami semua sangat bangga tidak hanya mencapai tujuan ini tetapi juga melampauinya,” kata Chief Innovation and Growth Officer JCB, Tim Burnhope.

Menariknya, traktor Fastrac JCB seri lainnya telah mencapai rekor kecepatan dunia hanya beberapa bulan sebelumnya. Ada salah satu seri lain yang bisa melampaui kecepatan rata-rata 166 km/jam (103,6 mp) untuk sebuah traktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Guru Pelaku Pelecehan Seksual Masih Mengajar di SD Gunungkidul

Gunungkidul
| Senin, 06 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement