Advertisement

Stasiun Luar Angkasa Bakal Ditanami Paprika

Newswire
Senin, 22 Juli 2019 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Stasiun Luar Angkasa Bakal Ditanami Paprika Ilustrasi luar angkasa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Stasiun Luar Angkasa atau International Space Station (ISS) akan ditanami tumbuhan yang layak konsumsi, yakni paprika. NASA akan menyiapkan benih pilihan para peneliti untuk ditumbuhkan. 

Gagasan ini berawal dari keinginan para astronot agar bisa mengonsumsi makanan lebih pedas dan beraroma. Ditambah lagi, dalam buahnya paprika mengandung vitamin C berdosis sangat tinggi.

Advertisement

"Kami juga mencari varietas dengan postur tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi, namun sangat produktif saat kami tumbuhkan di lingkungan luar angkasa," ucap Ray Wheeler, seorang ahli fisiologi tanaman NASA, seperti yang dikutip dari Science Alert.

Meskipun ada ribuan jenis cabai, Española dipilih karena cabai jenis ini mampu tumbuh di tempat yang tinggi, memiliki periode pertumbuhan yang cepat, dan bisa mengalami peristiwa penyerbukan lebih mudah.

Sebelumnya, para astronot sendiri telah berhasil menumbuhkan tanaman di Stasiun Luar Angkasa sejak 1982, ketika awak pesawat ruang angkasa Soviet Salyut 7 pertama kali menumbuhkan tanaman model Arabidopsis.

Tanaman baik buah atau sayur pun sebenarnya memiliki sedikit kesulitan untuk tumbuh dalam gaya berat mikro seperti di ISS, karena sistem akarnya kompleks dan biasanya menggunakan gravitasi Bumi untuk tumbuh. Namun, para astronot menggunakan jenis cahaya khusus dalam sebuah wadah yang dibuat mirip dengan kondisi seperti di Bumi, terutama temperaturnya.

Rencana ini sendiri sangat penting bagi misi masa depan, seperti mengirim manusia ke Mars. Perjalanan dari Bumi ke Mars membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun dan membuat para astronot untuk misi Mars pertama nanti perlu membawa bahan makanannya sendiri dalam bentuk benih.

Itu sebabnya, para astronot sedang melakukan percobaan untuk mencari tahu tanaman apa saja yang bisa tumbuh di luar angkasa. Seru ... bisa bercocok tanam di angkasa luar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com/ Science Alert

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement