Advertisement

China Segera Luncurkan Roket Komersial

Newswire
Jum'at, 02 Agustus 2019 - 13:37 WIB
Sunartono
China Segera Luncurkan Roket Komersial Ilustrasi Pesawat Supersonic Senyap (QueSST) X-59 pengembangan NASA dan Lockheed Martin. - Lockheed Martin

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING--Sebuah badan antariksa milik pemerintah China dijadwalkan meluncurkan roket pertamanya pada Agustus untuk penggunaan komersial.

Kesiapan itu menimbulkan tekanan bagi perusahaan-perusahaan lain pembuat roket di dalam negeri untuk melakukan pengembangan dalam menghadapi tren satelit komersial.

Advertisement

Unit kontraktor antariksa utama China, China Aerospace Science and Technology Corp (CASC), sedang menyelesaikan perakitan roket Smart Dragon-1 buatannya.

Penerbangan perdana Smart Dragon-1 diperkirakan akan berlangsung pada Agustus, kata lembaga pemerintah State-owned Assets Supervision and Administration Commission (SASAC), Kamis.

China ingin memiliki satelit-satelit komersial yang bisa menyediakan berbagai layanan, dari internet berkecepatan tinggi bagi pesawat hingga pelacakan pengiriman batu bara. Peluncuran roket yang bisa dipercaya, berbiaya rendah serta sering dilakukan disebut-sebut akan menjadi kunci kesuksesan.

Pekan lalu, iSpace menjadi perusahaan swasta pertama China yang berhasil mengirimkan satelit ke orbit dengan menggunakan roketnya. Sejak akhir tahun lalu, dua perusahaan lain sudah mencoba melakukan langkah serupa, namun gagal.

Menurut media pemerintah China, pembuatan roket Smart Dragon hanya akan membutuhkan waktu enam bulan dan peluncurannya bisa disiapkan dalam waktu 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement