Begini Serunya Merayakan Hari Kemerdekaan Secara Virtual Lewat Game

Pengunjung berada di gerai ponsel pintar di sebuah pusat perbelanjaan, di Jakarta, Rabu (20/6/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
17 Agustus 2020 15:47 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah waktu untuk seluruh masyarakat Indonesia mengenang perjuangan para pendiri bangsa juga berkumpul dan merayakan semangat ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Tahun ini pun tidak terkecuali, walaupun pandemi Covid-19 membuat berbagai perlombaan khas perayaan Hari Kemerdekaan seperti balap karung, memasukkan paku ke dalam botol, balap karung dan sebagainya tidak bisa dilakukan

Namun, Anda tak perlu bersedih karena keseruan dari perlombaan tersebut bisa dirasakan melalui gim ‘Lomba Merdeka! HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945’ yang bisa diunduh di Google Play Store untuk perangkat Android.

BACA JUGA : Pertandingan Liga 1 di DIY Bisa Disaksikan secara Virtual

Gim ini adalah gim ringan yang bisa dimainkan di perangkat berspesifikasi pas-pasan dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan kosong 36 MB saja. Alur permainannya juga sederhana, Anda akan diajak untuk mengikuti perlombaan yang ada di kampung ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Seluruh perlombaan yang bisa diikuti adalah lomba khas Hari Kemerdekaan, antara lain balap karung, makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, dan sendok gundu.

Dari perlombaan tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai piala maupun hadiah, termasuk diantaranya adalah voucher yang bisa dibelanjakan di Warung Mak Jum, Abang Mainan, dan Toko Ambo. Ketiganya merupakan pedagang yang ada di kampung ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Selain itu, untuk naik ke level selanjutnya dan memenangkan perlombaan Anda bisa berlatih di pusat kebugaran sederhana Hermules Fi. Ada enam jenis latihan yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kemampuan sebelum terjun ke perlombaan.

BACA JUGA : Ini Karakter Unik Pemain Game di Tengah Meningkatnya Tren

Gim yang dikembangkan oleh RGames ini mendapat sambutan yang positif dari pengguna Android. Gim ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 ribu pengguna Android dan mendapatkan penilaian 4.0/5.

Selain lewat bermain gim, Anda juga bisa merayakan Hari Kemerdekaan tahun ini dengan berbagai kegiatan menarik lainnya. Tak terkecuali menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Google di ponsel pintar.

“Dapatkan informasi menarik dari pantun kemerdekaan hingga bacakan teks proklamasi. Cukup tanyakan “minta pantun kemerdekaan”, “fakta unik Kemerdekaan RI” atau “coba bacakan teks proklamasi” ke Asisten Google,” demikian pernyataan dari Google Indonesia yang diterima oleh Bisnis beberapa waktu lalu.

Kemudian Anda juga bisa menggelar upacara atau kumpul-kumpul virtual menggunakan platform video konferensi seperti Google Duo. Saat ini Google Duo sudah mendapatkan pembaruan dan bisa digunakan untuk melakukan panggilan 12 orang sekaligus dengan mode hemat kuota internet.

BACA JUGA : UTY Kembangkan Sistem Pembelajaran Virtual 

Anda juga bisa menyaksikan upacara penaikan dan penurunan bendera akan di siarkan langsung dari istana negara di kanal ‘Sekretariat Presiden’ atau siaran televisi. Terakhir Anda juga mengikuti berbagai challenge atau tantangan bertema Hari Kemerdekaan yang ada di sosial media seperti Instagram dan TikTok.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia