Advertisement

Punya Akun Twitter? Segera Ubah Pengaturan Keamanan Ini untuk Mencegah Peretasan

Newswire
Minggu, 06 September 2020 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Punya Akun Twitter? Segera Ubah Pengaturan Keamanan Ini untuk Mencegah Peretasan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Media sosial rawna menjadi sasaran peretasan yang bisa berdampak penyalahgunaan oleh peretas. Untuk mencegah peretasan akun, Twitter umumnya merekomendasikan pengguna untuk mengaktifkan otorisasi dua faktor dan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik.

Tindakan keamanan semacam itu akan mempersulit peretas untuk masuk ke akun Twitter pengguna, tetapi ada juga sisi privasi ke pengaturan Twitter yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol informasi apa saja yang boleh dibagikan Twitter tentang si pemilik.

Advertisement

Baca juga: Twitter Luncurkan Fitur Baru Untuk Lacak Kutipan

Twitter diketahui berbagi informasi dengan mitra bisnisnya seperti pengiklan tentang pengguna dan kebiasaan browsing. Ini meneruskan data pengguna untuk membantu menayangkan iklan bertarget di halaman depan, juga mengumpulkan informasi tentang pengguna saat mengunjungi situs yang memiliki tweet atau tombol bagikan Twitter.

Namun jika pengguna peduli untuk menjaga kerahasiaan data pribadi daripada melihat iklan di halaman depan, bisa menghentikan Twitter untuk tidak membagikan informasi tentang pengguna dengan mengatur pengaturan keamanan.

Dilansir dari CNET, berikut pengaturan keamanan yang harus diubah jika memiliki akun Twitter dan ingin menghentikan Twitter membagikan informasi:

1. Pengaturan privasi Twitter

  • Untuk mengatur privasi, ketuk pada gambar akun pengguna di kiri atas dan buka menu Pengaturan dan Privasi > Privasi dan Keamanan > lalu gulir ke bawah dan pilih Personalisasi dan Data di bagian bawah halaman.
  • Pengguna dapat menonaktifkan semua pengaturan personalisasi dengan menggeser toggle. Pengaturan ini dapat ditemukan baik melalui aplikasi atau web.
  • Pengguna juga dapat menonaktifkan lokasi dengan membuka kembali menu halaman Privasi dan Keamanan di Pengaturan. Menonaktifkan pengaturan lokasi akan mencegah Twitter menggunakan GPS ponsel untuk menyesuaikan iklan.

2. Lihat data yang dikumpulkan Twitter

  • Twitter juga memiliki menu di mana pengguna dapat melihat data demografis, geografis, dan penargetan iklan lainnya yang telah dikumpulkan tentang pengguna.
  • Untuk melihatnya, buka halaman Personalisasi dan Data di Pengaturan > gulir ke bawah dan pilih Lihat Data Twitter Anda. Dari halaman ini, pengguna dapat melihat dan mengedit Profil pengguna, tetapi informasi yang lebih baik dapat ditemukan di tab Minat dan Data Iklan.
  • Pengguna dapat melihat dan mengedit minat yang dianggap Twitter tentang pengguna dan juga meminta agar daftar pengiklan yang telah berbagi data pengguna dengan Twitter dikirim ke email pengguna.
  • Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk lebih menjaga data pribadi dan menghentikan Twitter membagikan informasi tentang pengguna kepada pengiklan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement