Huawei Bikin Lensa Kamera Setara Mata Manusia, Seperti Apa?

Logo Huawei Technologies Co. di pusat layanan di Brussels, Belgia, Selasa (4/2/2020). Bloomberg - Geert Vanden Wijngaert
29 November 2020 04:17 WIB Leo Dwi Jatmiko Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Produsen ponsel asal China, Huawei dikabarkan akan melengkapi seri gawai terbarunya dengan lensa cair, yang dapat membuat kamera menangkap fokus lebih cepat dibandingkan dengan kamera biasa. Inovasi tersebut dapat dinikmati pengguna pada 2021.

Uji coba lensa cair ini sudah memasuki tahap akhir, seperti dilansir dari GSM Arena, Sabtu (28/11/2020). Selain memangkas waktu fokus, lensa cair akan membuat proses pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

“Waktu fokus akan dikurangi menjadi beberapa milidetik sesuai dengan waktu fokus mata manusia,” tulis GSM Arena.

Baca juga: Data Chat WhatsApp Bisa Dipulihkan, Begini Caranya

Teknologi baru tersebut akan digunakan untuk kamera telefoto terlebih dahulu. Pergerakan lensa akan lebih lincah karena menggunakan lensa cair. Fokus kamera terhadap cahaya juga makin tinggi dan cepat.

Sebagai bonus, kamera gawai nantinya juga implementasinya juga akan lebih tahan lama terhadap guncangan, dibandingkan dengan motor pemfokusan tradisional.

Menurut sumber rahasia di China, lensa tersebut akan dipasangkan dengan sensor Sony IMX782 yang masih belum diumumkan.

Baca juga: Twitter Bakal Luncurkan Pengajuan Akun Verified Awal 2021, Ada Persyaratan Baru

Sekadar catatan, Huawei bersama Samsung mendominasi daftar pabrikan dengan penjualan ponsel pintar dengan teknologi 5G paling laris pada September 2020.

Sejalan dengan perkembangan teknologi 5G, sejumlah pabrikan berlomba-lomba menjual ponsel pintar yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

Data Counterpoint Research menyebutkan Huawei P40 Pro menempati urutan kedua di bawah Samsung Galaxy Note 20 Ultra, dengan pangsa pasar 4,5 persen. Seri P Huawei ini fokus pada fotografi.

Ponsel pintar Huawei lainnya yakni Huawei Nova 7 dan Huawei P40 juga bertengger di posisi ketiga dan kelima dengan pangsa pasar masing-masing 4,3 persen dan 3,8 persen. Huawei terbukti berhasil memanfaatkan pasar China dengan pangsa pasar 5G mencapai 50 persen pada kuartal III/2020.

Terselip di posisi keempat adalah Samsung Galaxy S20+ yang ditunjukkan dengan 4 dari 100 ponsel pintar 5G yang terjual pada periode September 2020.

Sumber : Bisnis.com