Keren, Perusahaan Israel Ini Produksi Baterai Mobil Listrik yang Bisa Diisi 5 Menit

Pusat Baterai Tegangan Tinggi baru di China secara resmi dibuka Senin (14/9 - 2020). BMW
20 Januari 2021 10:07 WIB Hadijah Alaydrus Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Perusahaan Israel StoreDot Ltd. telah memproduksi baterai lithium-ion pertama untuk kendaraan listrik. Hebatnya, baterai tersebut dapat diisi hanya dalam lima menit.

Inovasi ini menjadi langkah penting menuju pengisian bahan bakar secepat mobil berbahan bakar fosil di pompa bensin.

Dikutip dari Bloomberg, sampel baterai lithium-ion diproduksi oleh mitra strategis StoreDot di China, Eve Energy Co., telah digunakan sebagai demonstrasi dalam skuter roda dua.

StoreDot mengatakan bahwa pengisian baterai cepat dapat mengatasi kecemasan akan jarak tempuh kendaraan yang jauh dan pengisian daya. Dua aspek yang selalu menjadi penghalang penting untuk adopsi mobil listrik pada umumnya.

Namun, baterai yang mengisi daya secepat ini mungkin tidak dapat dicapai dalam skala besar selama bertahun-tahun dengan infrastruktur plug-in yang ada. Degradasi terkait penggunaan pengisian cepat juga merupakan masalah yang kurang diperhatikan.

"StoreDot menargetkan peluncuran massal tahun 2025 jika dapat menemukan mitra strategis yang tepat," kata Chief Executive Officer Doron Myersdorf dalam sebuah wawancara.

"Ini bukan hanya eksperimen laboratorium, ini adalah produk produksi massal yang dapat diskalakan," tambah Myersdorf. Menurutnya, StoreDot benar-benar fokus pada pengisian daya kendaraan listrik selama lima menit.

Myersdorf mengatakan perusahaan memiliki ribuan sampel untuk dibagikan dengan mitra potensial seperti pembuat baterai tingkat 1 - yang dapat memasok mobil listrik.

“Ini adalah hal positif yang sangat besar bagi industri, membuat pengisian cepat saat bepergian menjadi lebih nyaman dan mengurangi hambatan besar untuk adopsi,” kata CEO Ohme Technologies UK Ltd. David Watson.

“Tetapi manfaat ini akan memakan waktu cukup lama sebelum dipasarkan.”

Sumber : Bloomberg, Bisnis.com