Google Bikin Ponsel Lipat, Masuk Tahap Pengajuan Paten

Google
18 April 2021 15:57 WIB Syaiful Millah Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah laporan paten mengungkap bahwa perusahaan teknologi Google sedang mengerjakan perangkat ponsel pintar atau smartphone lipat miliknya. Menurut laporan dari PatenlyApple, dilansir Minggu (18/4) perusahaan itu telah mengajukan paten yang menunjukkan minat mereka pada perangkat yang bisa dilipat. 

Perusahaan mesin pencari itu mengajukan paten ke US Patent Office, yang diterbitkan dengan judul 'Hinge Mechanism by Gear Set with Slider for Foldable Display Device'. 

BACA JUGA : Apple Akan Luncurkan Ponsel Lipat di 2022?

Ini menyiratkan bahwa perangkat yang dimaksud bisa berupa smartphone, tablet, atau bahkan netbook yang dapat dilipat. Dalam paten, mereka menyoroti masalah yang dihadapi perangkat lipat saat ini dan menawarkan solusi terhadap persoalan tersebut. 

Paten Google pertama-tama menyoroti kekurangan mekanisme engsel konvensional dan masalahnya. Setelah itu, perusahaan menawarkan solusi di mana perangkat dapat menyertakan rakitan engsel yang memiliki mekanisme slider dan satu set roda gigi. 

"Mekanisme penggeser dan rangkaian roda gigi beroperasi untuk mentransfer gerakan rotasi menjadi gerakan translasi dari salah satu wadah pertama atau wadah kedua," catat paten tersebut. 

Sederhananya, mekanisme engsel baru dapat mentransfer gerakan rotasi perangkat fleksibel dan memungkinkan lipatan tanpa kerusakan. Sayangnya, ini masih berupa hak paten yang belum memiliki produk fisik. 

BACA JUGA : Oppo dan Vivo Bakal Keluarkan Ponsel Lipat 

Meskipun ini menyiratkan bahwa tim teknik Google sedang mengerjakan teknologi baru, masih terlalu diri untuk menawarkan sesuatu yang konkret. 

Industri ini hingga kini telah kedatangan sejumlah perangkat ponsel lipat dari beberapa produsen seperti Samsung dan Huawei yang telah memiliki produk hingga generasi kedua. Baru-baru Xiaomi juga memperkenalkan smartphone lipat pertamanya, Mi Mix Fold. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia