iPhone 13 Akan Dilengkapi Teknologi Satelit, Bisa Kirim Pesan Tanpa Adanya Sinyal

Seorang pembeli mencoba membandingkan ukuran iPhone XS Max dan iPhone XS di gerai Apple Singapura Jumat (21/9/2018). - Reuters/Edgar Su
02 September 2021 10:27 WIB Restu Wahyuning Asih Tekno Share :

Harianjogja.com, SOLO - Produk baru yang bakal dirilis oleh Apple, iPhone 13, bakal mengejutkan penggemarnya. Apple ingin menjaga momentum kesuksesan iPhone 12, dengan membuat iPhone 13 lebih canggih lagi.

Nantinya, iPhone 13 bakal hadir dengan teknologi komunikasi satelit. Hal itu membuat pengguna yang berada jauh dari menara sinyal, tetap bisa bertukar pesan atau telepon.

Adanya teknologi baru yang disematkan dalam iPhone 13 tersebut disampaikan oleh seorang Analis, Ming-Chi Kuo.

BACA JUGA : iPhone 6s Bisa Update ke iOS 15, Ini Kelebihannya

Dirinya berharap mode komunikasi satelit orbit rendah atau low-earth-orbit (LEO) bisa hadir dalam model iPhone 13.

“Ini memungkinkan pengguna mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon, bahkan ketika mereka tidak berada dalam jangkauan menara seluler 4G/5G standar,” ujar dia, seperti dikutip dari 9to5mac, Senin (30/8/2021).

Di masa depan, Kuo berspekulasi bahwa komunikasi satelit itu juga dapat digunakan oleh headset augmented reality (AR Apple), Apple Car, dan aksesori Internet-of-Things lainnya.

“iPhone 13 akan menggunakan versi yang disesuaikan dari chip modem baseband Qualcomm X60. Chip ini akan mendukung komunikasi melalui satelit,” kata Kuo.

BACA JUGA : iPhone Seri 12 Menjadi Ponsel Paling Laris

Meskipun memang belum dijelaskan secara pasti apakah mengirim pesan dan melakukan panggilan melalui satelit hanya akan berfungsi dengan layanan Apple seperti iMessage dan FaceTime. Atau itu akan terbatas seperti mode pesan darurat khusus yang hanya jarang digunakan.

Mungkin juga fitur satelit akan gratis, seperti GPS, atau akan datang dengan biaya penggunaan terkait.