Advertisement

Cara Atasi Laptop Mati Mendadak

Jumali
Rabu, 26 Januari 2022 - 17:27 WIB
Jumali
Cara Atasi Laptop Mati Mendadak Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Anda pernah mengalami laptop mendadak mati sendiri? Padahal, saat itu Anda tengah mengerjakan pekerjaan. Rasanya, pasti sangat menjengkelkan, karena pekerjaan jadi tertunda karena laptop mendadak mati.

Daripada menyalahkan dan mengumpat, lebih baik Anda cek penyebab dan coba atasi dengan beberapa hal di bawah ini :

Advertisement

- Debu

Laptop mati biasa karena overheat. Pastilkan tidak ada debu ataupun kotoran lain yang menempel dan menumpuk di sela-sela saluran udara. Sebab, jika ada debu maupun kotoran menempel akan mengganggu kinerja dan membuat laptop Anda mati. Untuk itu, periksa saluran udara di bagian bawah laptop. Bersihkan kotoran yang ada.

- RAM

Komponen RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Pastikan posisi RAM sesuai dan tidak ada kendala. Caranya? Lepas RAM dan coba masukkan kembali ke colokan RAM yang telah disediakan.

- Adaptor

Adaptor charger juga bisa jadi penyebab kenapa laptop Anda mendadak mati. Pastikan adaptor Anda tidak rusak ataupun bermasalah. Jika kabel maupun adaptor bermasalah, lebih baik membeli adaptor charger baru yang sesuai dengan spek dan merek laptop Anda.

- Virus

Faktor lain yang bisa membuat laptop mati mendadak adalah keberadaan malware atau virus. Sebab, beberapa virus yang ada di laptop bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat, cepat panas, dan mati sendiri. Untuk memastikan hal itu, coba scan laptop dengan antivirus.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Selamat Datang Akhir Pekan, Bagaimana Cuaca Jogja Sabtu Ini?

Jogja
| Sabtu, 28 Mei 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement