Advertisement

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca, Ini Cara Mengatasinya

Jumali
Senin, 07 Februari 2022 - 10:47 WIB
Jumali
Hardisk Eksternal Tidak Terbaca, Ini Cara Mengatasinya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Hardisk eksternal menjadi salah satu alternatif untuk menyimpan data. Namun, terkadang kendala terjadi pada hardisk eksternal, yakni tidak terbaca oleh laptop. Padahal, data yang ada di hardisk eksternal itu sangat dibutuhkan.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca tersebut? tenang, berikut tips mengatasi kendala tersebut :

Advertisement

- Kabel

Anda bisa mencoba mengganti kabel sambungan. Sebab, bisa saja hardisk eksternal tidak terbaca karena kabel sambungan yang sudah rusak.

- Port USB

Anda juga bisa mencoba memasukkan kabel ke port USB lainnya. Bisa saja, hardisk eksternal tidak terbaca karena kondisi port USB.

- Instal driver

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah mengistal driver Hardisk. Caranya : masuk Device Manager, lalu pilih Driver UAS Mass Storage Device. Tekan kanan dan pilih opsi Update Driver. Setelahnya pilih Browse My Computer, lalu tekan opsi Let Me Pick. Setelah itu pilih next dan install.

- Format jadi NTFS

NTFS merupakan sistem format Windows, yang dilakukan saat terjadi kerusakan penyimpanan. Agar hardisk eksternal terbaca maka pilihanny adalah mengubah format hardisk ke NTFS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement