Advertisement

Tips Cegah Ponsel Meledak & Terbakar

Jumali
Jum'at, 25 Maret 2022 - 04:27 WIB
Jumali
Tips Cegah Ponsel Meledak & Terbakar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Viralnya kejadian Xiaomi Mi 11 Ultra meledak dan terbakar di media sosial beberapa waktu lalu tentu membuat kita lebih hati-hati terhadap ponsel kita. Jangan sampai kejadian ponsel Xiaomi Mi 11 Ultra yang meledak dan terbakar tersebut terjadi kepada kita.

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya ponsel meledak dan terbakar? Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari insiden tersebut:

1. Jangan pakai ponsel saat sedang diisi daya

Jangan menggunakan ponsel dalam kondisi sedang diisi daya. Sebab, baterai ponsel akan mengalami peningkatan suhu saat diisi daya. Jika Anda nekat menggunakan ponsel dalam keadaan diisi daya maka suhu akan semakin meningkat dan dikhawatirkan bisa membuat ponsel terbakar atau bahkan meledak.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

2. Gunakan charger asli

Selalu gunakan charger asli. Sebab, setiap produsen ponsel memiliki standar dan spesifikasi tertentu untuk charger yang diproduksi.

3. Cabut ponsel saat sudah terisi 100 persen

Saat ponsel Anda telah terisi 100 persen maka sebaiknya cabut kabel charger. Sebab, jika dibiarkan, daya tahan baterai akan melemah.

4. Pakai baterai asli

Pastikan Anda menggunakan baterai asli agar aman.

5. Jangan asal colok

Anda harus pasatikan colokan yang ada dalam kondisi yang baik. Jangan colokkan charger case ke colokan yang ada bekas kerusakan, tercerabut, dan hangus.

6. Jangan mengisi daya di atas kasur

Mengisi daya di atas kasur akan membuat aliran udara ke ponsel terhambat dan menyebabkan ponsel kepanasan. Jika ini dibiarkan, bisa saja ponsel terbakar dan membakar kasur Anda.

7. Jangan tinggalkan ponsel di tempat panas

Anda sebaiknya menghindari ponsel dari paparan suhu tinggi dalam waktu lama karena nantinya akan membuat ponsel kepanasan dan kemungkinan meledak serta terbakar akan lebih tinggi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Belum Semua Terealisasi, Regulasi Kuliah di Luar Kampus Perlu Diatur Lebih Detail

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement