Advertisement

Terendah Sejak 2013, Pasar Smartphone Eropa Kuartal I/2022 Turun 12 Persen

Khadijah Shahnaz
Minggu, 19 Juni 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Terendah Sejak 2013, Pasar Smartphone Eropa Kuartal I/2022 Turun 12 Persen Smartphone - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penjualan ponsel pintar Eropa pada kuartal I/2022 mengalami penurunan terburuk selama 9 tahun terakhir. Laporan ini termuat dalam Counterpoint Research baru saja merilis laporan terkait pasar smartphone di Eropa

Penjualan ponsel pintar di Eropa pada kuartal I/2022 turun 12 persen year on year (yoy), volume penjualan dan distribusi smartphone  yang mencapai 49 juta unit itu terendah sejak 2013. Kelesuan pasar dikarenakan komponen yang masih terbatas, lockdown Covid-19 di China, dan peningkatan inflasi serta perang Rusia-Ukraina.

Advertisement

Produsen asal Korea Selatan Samsung yang mendominasi penjualan di Eropa mengalami penurunan pertumbuhan hingga 16 persen pada kuartal I/2022. Menduduki posisi kedua di Eropa, Apple mengalami penurunan pertumbuhan juga sebanyak 6 persen.

BACA JUGA: Setelah Menemani 27 Tahun, Microsoft Hentikan Browser Internet Explorer

Produsen asal China, Xiaomi dan OPPO juga mengalami penurunan pertumbuhan di Eropa. Di mana Xiomi sebanyak 36 persen dan OPPO sebanyak 8 persen. Adapun Realme menjadi satu-satunya merek 5 teratas yang mengalami pertumbuhan yaitu 67 persen pada kuartal I/2022 ini.

Laporan tersebut juga memprediksikan dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina akan memberikan efek buruk terhadap pasar hingga kuartal II/2022. Bukan hanya pada distribusi unit smartphone, perang tersebut juga bisa mengurangi ketersediaan bahan baku yang digunakan untuk membuat unit-unitnya.

BACA JUGA: Misterius, NASA Temukan Sampah di Palung Terdalam Mars

Selain itu, negara-negara Eropa tengah menghadapi kenaikan biaya hidup, hal tersebut akan mengikis daya beli masyarakat. Terlebih perang ini juga mengakibatkan Samsung dan Apple menarik diri dari Rusia, sehingga efek menarik diri ini akan terlihat pada kuartal II/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement