Advertisement

Harga Turun, Ini Daftar Laptop Gaming Populer di Asia Tenggara

Restu Wahyuning Asih
Jum'at, 24 Juni 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Harga Turun, Ini Daftar Laptop Gaming Populer di Asia Tenggara Laptop gaming Acer Nitro 5 seri AN515-57 - acer

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Dalam penelitian iPrice, puncak minat masyarakat terhadap laptop gaming terjadi di bulan Agustus 2020 dan Juli 2021. Masing-masing bulan menunjukkan kenaikan sebesar 109% dan 90%. Hal ini mungkin terjadi karena antisipasi masyarakat terhadap rilisnya laptop gaming yang populer di tengah PPKM Covid-19.

Dari riset yang dilakukan oleh iPrice, Acer Nitro 5 tampaknya menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan gamers Asia Tenggara. Salah satu prediksinya lantaran harga produk tersebut yang terbilang murah dengan kualitas terdepan di kelasnya. Laptop tersebut pun berhasil menjadi laptop gaming yang paling banyak dicari di Indonesia, Singapura, dan Filipina.

Berbeda dengan ketiga negara tersebut, para gamers di Thailand justru lebih memilih Lenovo Legion 5 sebagai laptop gaming favorit mereka. Faktanya, laptop ini juga menjadi salah satu laptop gaming yang berhasil berada pada 5 peringkat teratas di 4 dari 5 negara yang diamati yaitu peringkat kedua di Filipina, ketiga di Singapura, dan kelima di Indonesia.

BACA JUGA: Dampak Yen Anjlok, Harga iPhone 13 di Jepang Termurah Sedunia

Sedangkan Dell Alienware X15 menjadi laptop yang paling populer di kalangan gamers Malaysia. Laptop yang berasal dari negeri paman Sam ini juga berhasil berada pada peringkat kelima di Filipina dan Singapura.

Laptop gaming favorit para gamers lainnya adalah ASUS TUF Gaming, yang berhasil memasuki 5 peringkat laptop gaming teratas di seluruh negara kecuali Singapura. Laptop ini berada di peringkat ketiga di Indonesia dan Malaysia (Model F15), keempat di Filipina (Model A15), dan kelima di Thailand (Model F15).

Sementara itu, HP Pavilion Gaming 15 memiliki pasar yang kuat di Thailand dan Indonesia, laptop ini berada di posisi ketiga dan keempat berturut-turut di kedua negara tersebut.

BACA JUGA: Agar Beli Tiket KRL Makin Mudah, Gojek Rilis GoTransit

Turun harga

Meski menjadi incaran para gamers, laptop gaming menjadi pilihan yang sulit dibeli karena harga jualnya yang fantastis.

Advertisement

Dengan kualitas mumpuni, laptop gaming memiliki harga yang terbilang cukup mahal agar bisa memberikan performa maksimal saat digunakan.

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini penurunan harga dan promosi menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu shoppers maupun gamers untuk mendapatkan barang impian mereka.

Waktu yang tepat membeli laptop gaming

Advertisement

Lalu, kira-kira berapa lama mereka harus menunggu untuk mendapatkan laptop gaming terpopuler dengan harga yang lebih miring?

Menggunakan data internal, iPrice menganalisis rataan harga historis ketiga laptop gaming terpopuler sejak baru dirilis hingga 3 dan 6 bulan setelahnya.

Hasilnya, Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 Acer Nitro 5 masing-masing mengalami penurunan sebesar 28% dan 20% menjadi Rp27,06 juta dan Rp18,47 juta setelah 3 bulan dirilis.

Berbeda dengan kedua laptop favorit lainnya, Acer Nitro 5 yang baru dirilis pada bulan Agustus tahun 2021 kemarin justru mengalami peningkatan harga sebesar 1%.

Advertisement

BACA JUGA: Duh...WhatsApp hingga Google Terancam Diblokir Jika Ogah Daftar ke Kemenkominfo

Dikutip dari The Guardian, kenaikan harga laptop terpopuler Acer ini sudah diperkirakan akan terjadi akibat kelangkaan chip global yang membatasi kemampuan mereka dalam memenuhi demand para gamers.

Peningkatan harga Acer Nitro 5 ini ternyata tidak berlangsung cukup lama karena pada bulan ke-6 justru terjadi penurunan harga hingga 24% menjadi Rp16,25 juta. Sedangkan Lenovo Legion 5 Pro dan ASUS TUF Gaming F15 kembali mengalami peningkatan harga masing-masing sebesar 6% dan 2% menjadi Rp28,78 juta dan Rp18,76 juta.

Advertisement

Harga ini tentunya masih cukup tinggi mengingat gaji rata-rata masyarakat Indonesia menurut Numbeo adalah sebesar Rp4,95 juta setiap bulannya.

BACA JUGA: Sudah Dirilis, Berikut Spesifikasi Realme C30

Berdasarkan pattern penurunan harga yang ditemukan dari bulan ke-3 dan ke-6, iPrice memperkirakan bahwa setelah 12 bulan dirilis para gamers bisa mendapatkan laptop Acer Nitro 5, Lenovo Legion 5 Pro, dan ASUS TUF Gaming F15 dengan harga masing-masing sebesar Rp12,77 juta, Rp23,22 juta, dan Rp15,54 juta.

Dengan kata lain, gamers bisa menghemat hingga Rp7,42 juta (32%) untuk membeli ASUS TUF Gaming F15 setelah 12 bulan, Rp8,30 juta (39%) untuk Acer Nitro 5, dan Rp14,57 juta (39%) untuk Lenovo Legion 5 Pro.

Studi ini dilakukan oleh iPrice untuk konsumen yang ingin membeli laptop gaming dengan harga yang terjangkau. Penelitian mengenai laptop gaming ini pun dapat dibaca secara lebih terperinci dan lengkap di sini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kejati DIY Buka Balai Rehabilitasi Pengguna Narkoba, Ini Lokasinya

Bantul
| Senin, 04 Juli 2022, 22:37 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement