Advertisement

Tips Mengatasi Jaringan Wi-Fi yang Sering Lambat

Khadijah Shahnaz
Rabu, 20 Juli 2022 - 13:07 WIB
Sirojul Khafid
Tips Mengatasi Jaringan Wi-Fi yang Sering Lambat Aktivitas WFH membutuhkan dukungan internet WiFi yang cepat dan stabil. Biznet

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Internet seakan kebutuhan primer untuk saat ini. Terlebih bagi yang mengandalkan hal tersebut dalam pekerjaan, sekolah, atau lainnya.

Olah karena itu, saat ini Wi-Fi menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan oleh seluruh masyarakat sebagai solusi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Namun, tidak dapat dimungkiri munculnya permasalahan lain yang dihadapi oleh masyarakat, ketika koneksi Wi-Fi lambat sehingga berdampak negatif pada produktivitas pekerjaan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Berdasarkan hasil survei Speedtest Global Index per Desember 2021, Indonesia menjadi negara dengan kecepatan internet terendah di Asia Tenggara dengan peringkat 115 dari 138 negara.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lambatnya jaringan Wi-Fi, baik itu faktor internal, seperti kerusakan pada perangkat router maupun gangguan sinyal Wi-Fi, maupun faktor eksternal yang dapat menyebabkan Wi-Fi tidak berjalan secara optimal, di antaranya adalah kapasitas infrastruktur yang tersedia, jangkauan sinyal, hingga jumlah perangkat yang terhubung.

BACA JUGA: Sudah Daftar di Kemenkominfo, Akhirnya Facebook, Instagram, dan Netflix Urung Diblokir

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi jaringan Wi-Fi lambat:

1. Perhatikan Posisi Router

Wi-Fi merupakan perangkat nirkabel, yang mana koneksinya sangat dipengaruhi oleh benda-benda dan posisi peletakannya. Posisi router yang ideal adalah ditempatkan di area terbuka dalam ruangan atau lantai utama di mana aktivitas internet banyak digunakan.

Hindari meletakkan router berdekatan dengan barang-barang elektronik seperti televisi, microwave, dan benda lainnya yang dapat melemahkan sinyal Wi-Fi.

Selain itu, hindari juga tempat-tempat yang dapat menghalangi penyebaran jaringan, seperti dinding rumah dan meletakkan router di tempat yang terlalu rendah. Pastikan pula arah antena router tegak lurus, untuk memastikan penyebaran sinyal Wi-Fi optimal ke seluruh ruangan.

Advertisement

2. Mengatur Penggunaan Internet

Tidak dapat dimungkiri bahwa internet menawarkan beragam pilihan aktivitas bagi penggunanya, baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi hingga kebutuhan profesional. Banyak orang kerap melakukan hal-hal keliru yang tanpa disadari dapat memengaruhi kualitas internet. Langkah yang dapat dilakukan salah satunya adalah mengontrol prioritas penggunaan setiap perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi agar jaringan internet optimal.

Hal ini dapat dimulai dengan memastikan seluruh pengguna Wi-Fi tidak mengakses internet dengan aktivitas yang berat seperti streaming video di saat yang bersamaan.

BACA JUGA: Cara Ikut Dua Zoom Meeting Sekaligus

Advertisement

3. Gunakan Router dengan Teknologi Terbaru

Sering kali sinyal Wi-Fi dianggap menjadi penyebab utama masalah dalam koneksi Wi-Fi yang lambat. Tetapi, nyatanya pemilihan router yang tepat juga merupakan salah satu kunci optimalisasi kualitas internet.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Dua Wilayah Ini Hujan

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement