Advertisement

Di Sektor FInansial, Alibaba Cloud Rilis 5 Layanan Terbaru

Khadijah Shahnaz
Rabu, 27 Juli 2022 - 14:37 WIB
Sirojul Khafid
Di Sektor FInansial, Alibaba Cloud Rilis 5 Layanan Terbaru Country Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen (ketiga kanan) didampingi Head of Solution Architect Eggy Tanuwijaya (kiri), Head of FSI Business Pinky Meiska (kedua kiri), dan Head of Marketing Tifi Liu (kedua kanan) berfoto dengan Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dan Keuangan Digital Imansyah (ketiga kiri) dan Head of Special Digital Products Bisnis Indonesia Yusuf Waluyo Jati di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penyedia layanan komputasi awan asal China, Alibaba Cloud, memperkenalkan lima produk layanan keuangan di Indonesia. Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia, Eggy Tanuwijaya, menjelaskan Indonesia merupakan pasar bagi Alibaba Cloud terlebih di bagian finansial. Di sisi lain, Alibaba mengeklaim punya keamanan yang sesuai untuk layanan keuangan.

"Kami kan ada punya tiga data center lokal atau scrubbing center di Indonesia sendiri," ujar Eggy, Selasa (26/7/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Alibaba Cloud juga sudah melakukan survei pada 2021, bahwa 77 persen bisnis di Indonesia saat ini menggunakan solusi TI berbasis cloud, dan 83 persen percaya bahwa alat berbasis cloud dapat membantu mengatasi kebutuhan bisnis mereka selama Covid-19.

"Dari survei tersebut, kami meluncurkan layanan ini untuk membantu bisnis di Indonesia menangkap peluang pertumbuhan dengan lebih baik dan tetap kompetitif di era digital pasar keuangan," jelas Eggy.

Dia menambahkan terdapat lima produk baru yang diperkenalkan, mulai dari pengujian aplikasi seluler, relational database, solusi online jarak jauh hingga layanan cloud blockchain dan Chat APP/ layanan pesan singkat.

BACA JUGA: China Luncurkan Modul Laboratorium Pertama di Luar Angkasa

Pengujian aplikasi seluler ini merupakan platform cloud yang menyediakan layanan pengujian perangkat untuk perusahaan dan pengembang seluler.

Platform ini bertujuan untuk membantu mendeteksi risiko tersembunyi di aplikasi secara cepat, contohnya seperti aplikasi mogok, masalah kompatibilitas, masalah fungsionalitas, dan masalah kinerja.

Advertisement

Kedua, ApsaraDB untuk OceanBase merupakan Relational Database berbasiskan cloud-native yang dibuat untuk Financial Services yang memiliki stabilitas tinggi, kemampuan dengan skalabilitas tinggi, dan memiliki kinerja yang tinggi, dan juga menargetkan skenario dengan throughput tinggi, tingkat konkurensi yang tinggi, dan juga ketersediaan yang tinggi.

Ketiga merupakan solusi EKYC, yaitu proses pengecekan jarak jauh tanpa menggunakan kertas yang berfungsi untuk memverifikasi pengguna secara online kapanpun dan di mana pun, metode autentikasi yang lebih efisien dan akurat yang dapat digunakan oleh semakin banyaknya lembaga keuangan.

BACA JUGA: Terus Bertambah, Ini 10 Startup yang PHK Karyawan

Advertisement

Layanan ini mencakup verifikasi dokumen, pengenalan karakter optik (OCR), dan deteksi keaktifan - fitur yang diperlukan untuk identifikasi dalam skenario seperti pekerjaan perbankan jarak jauh.

Keempat adalah Blockchain as a Service (BaaS), BaaS merupakan Layanan platform level perusahaan yang menggunakan teknologi blockchain terkemuka. Layanan ini menyediakan layanan cloud blockchain yang aman, stabil, mudah digunakan, dan terbuka untuk membangun lingkungan blockchain yang aman dan stabil.

Terakhir adalah ChatAPP dan Layanan Pesan Singkat, ChatAPP adalah layanan pesan API untuk perusahaan global yang bertujuan untuk menjangkau pengguna secara efisien.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perempuan Bangsa DIY Tolak Politik Uang dan SARA di Pemilu 2024

Bantul
| Rabu, 07 Desember 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Menyantap Kuliner Khas Sambil Menjelajahi Wisata Alam di Curug Gedhe Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement