Advertisement

Penyebab Bumi Makin Menjauh dari Matahari

Mia Chitra Dinisari
Senin, 08 Agustus 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Penyebab Bumi Makin Menjauh dari Matahari Bumi dan Matahari - codepen

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jarak rata-rata antara Bumi dan matahari tidak statis dari tahun ke tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, kini matahari semakin jauh dari Bumi. Rata-rata, Bumi berjarak sekitar 93 juta mil (150 juta kilometer) dari matahari, menurut NASA.

Namun, orbitnya tidak melingkar sempurna dan sedikit elips, atau berbentuk oval. Ini berarti jarak Bumi dari matahari dapat berkisar dari sekitar 91,4 juta hingga 94,5 juta mil (147,1 juta hingga 152,1 juta km), kata NASA.

Advertisement

Namun, rata-rata, bentangan antara Bumi dan matahari perlahan meningkat seiring waktu. Jarak yang semakin jauh ini memiliki dua penyebab utama. Salah satunya adalah bahwa matahari kehilangan massa. Yang lainnya melibatkan kekuatan yang sama yang menyebabkan pasang surut di Bumi.

Matahari menyusut

Reaksi fusi nuklir yang menggerakkan matahari mengubah massa menjadi energi, mengikuti persamaan Einstein yang terkenal E = mc^2. Karena matahari terus-menerus menghasilkan energi, ia juga terus kehilangan massanya. Selama sisa masa hidup matahari - diperkirakan sekitar 5 miliar tahun lagi, menurut NASA model tentang bagaimana bintang berevolusi dari waktu ke waktu memprediksi matahari akan kehilangan sekitar 0,1% dari total massanya sebelum dimulai untuk mati, Brian DiGiorgio, seorang astronom di University of California, Santa Cruz seperti dilansir dari Livescience.

Meskipun 0,1% mungkin tidak terdengar banyak, "ini massa yang banyak," kata DiGiorgio. "Massanya kira-kira sama dengan massa Jupiter." Jupiter, pada gilirannya, adalah sekitar 318 kali massa Bumi, menurut Exploratorium  di California.

BACA JUGA: Harga Saham Terus Anjlok, Facebook Terbitkan Obligasi Rp149 Triliun

Kekuatan tarikan gravitasi suatu benda sebanding dengan berapa banyak massa yang dimilikinya. Karena matahari kehilangan massa, tarikannya ke Bumi melemah, menyebabkan planet kita menjauh dari bintang kita sekitar 2,36 inci (6 sentimeter) per tahun.

Fakta ini cukup diabaikan, terutama dibandingkan dengan variasi normal dalam jarak orbit Bumi yang terjadi karena orbitnya yang sedikit elips - sekitar 3%.

Efek pasang surut

Sama seperti tarikan gravitasi bulan menghasilkan pasang surut di Bumi, begitu juga gravitasi bumi menarik matahari. Ini meregangkan sisi matahari yang menghadap Bumi, menghasilkan "tonjolan pasang surut," Britt Scharringhausen, seorang profesor fisika dan astronomi di Beloit College di Wisconsin, menulis untuk halaman Ask an Astronomer Universitas Cornell.

Matahari berputar pada porosnya setiap 27 hari sekali. Karena ini lebih cepat dari 365 hari atau lebih yang dibutuhkan Bumi untuk menyelesaikan orbit mengelilingi matahari, tonjolan pasang surut yang dihasilkan Bumi saat matahari berada di depan Bumi. Massa tonjolan memiliki tarikan gravitasi yang terkait dengannya, menarik Bumi ke depan pada orbitnya dan melemparkannya lebih jauh dari matahari, kata Scharringhausen. (Efek serupa membuat bulan Bumi perlahan menjauh dari planet kita)

Namun, gaya pasang surut ini memiliki efek yang sangat lemah pada orbit Bumi: Mereka menyebabkan Bumi bergerak sekitar 0,0001 inci (0,0003 cm) dari matahari setiap tahun, DiGiorgio menghitung.

BACA JUGA: Bahaya! Segera Uninstall, Belasan Apalikasi Android Ini Ternyata Bisa Bobol Rekening

Adakah perubahan besar dalam iklim?

Saat Bumi menjauh dari matahari, cahaya matahari akan menjadi lebih redup. Mengingat bahwa jarak Bumi dari matahari dapat tumbuh sebesar 0,2% selama 5 miliar tahun ke depan, peredupan ini sesuai dengan pengurangan 0,4% energi matahari yang mengenai permukaan bumi.

Ini relatif kecil dibandingkan dengan variasi normal dalam kecerahan matahari yang terjadi karena orbit elips Bumi, jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

THal yang lebih besar untuk dikhawatirkan "adalah bahwa ketika matahari berevolusi selama 5 miliar tahun ke depan, model evolusi bintang memprediksi bahwa ia akan meningkatkan kecerahannya sekitar 6% setiap 1 miliar tahun, perlahan-lahan meningkatkan suhu Bumi dan mendidihkan lautan. Ini akan membuat Bumi tidak dapat dihuni manusia jauh sebelum matahari berpotensi menelannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement