Advertisement

Bisa Sebabkan Kehancuran, Ini Asteroid yang Berbahaya untuk Bumi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 09 Agustus 2022 - 01:37 WIB
Sirojul Khafid
Bisa Sebabkan Kehancuran, Ini Asteroid yang Berbahaya untuk Bumi Asteroid meluncur menuju bumi - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bumi dikelilingi oleh beberapa tetangga selestial di tata surya, di antaranya bisa mengancam dan  menghancurkan isi bumi. Mereka dikenal sebagai Near-Earth Objects (NEOs), termasuk komet dan asteroid yang bergerak dekat dengan Bumi.

Setiap asteroid atau komet yang mendekati planet kita kurang dari 1,3 kali jarak dari Bumi ke Matahari dapat dianggap sebagai NEO. Namun, fakta yang melegakan adalah bahwa sebagian besar NEO tidak menimbulkan bahaya sama sekali. Ini hanya sebagian kecil dari Asteroid yang Berpotensi Berbahaya yang dapat membahayakan semua kehidupan di Bumi.

Tapi asteroid jahat mana yang meluncur ke Bumi dengan potensi menyebabkan Armageddon global? NASA mendefinisikan asteroid ini sebagai pecahan batu yang tersisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kadang-kadang, jalur orbit asteroid dipengaruhi oleh tarikan gravitasi planet, yang dapat mengubah jalurnya. Ingat asteroid yang menabrak bumi dan mengakhiri zaman dinosaurus? Ini adalah salah satu contoh dalam sejarah.

BACA JUGA: Penyebab Bumi Makin Menjauh dari Matahari

Namun, Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA mengawasi semua objek dekat Bumi di luar angkasa untuk mendeteksi potensi bahaya dari benda-benda langit ini terlebih dahulu.

Badan antariksa mendefinisikan asteroid yang berpotensi berbahaya berdasarkan beberapa parameter untuk mengetahui ancaman asteroid yang mendekati Bumi.

Masih ada beberapa kategori asteroid yang menjadi ancaman bagi Bumi dan umat manusia. Berdasarkan jarak perihelion (q), jarak aphelion (Q) dan sumbu semi-mayornya (a), NASA membagi asteroid dekat Bumi menjadi beberapa kelompok. Inilah yang dibagikan NASA.

BACA JUGA: Bahaya! Segera Uninstall, Belasan Apalikasi Android Ini Ternyata Bisa Bobol Rekening

Advertisement

Berikut daftar asteroid yang berpotensi berbahaya untuk bumi karena bisa picu kerusakan dan kehancuran:

  1. Amors: Asteroid dekat Bumi yang mendekati Bumi dengan orbit luar ke Bumi tetapi interior ke Mars. Ini dinamai asteroid 1221 Amor.
  2. Apolos: Dinamakan setelah asteroid 1862 Apollo, asteroid dekat Bumi ini melintasi Bumi dengan sumbu semi-besar yang lebih besar dari Bumi.
  3. Atens: Asteroid dekat Bumi yang melintasi Bumi dengan sumbu semi-mayor lebih kecil dari Bumi. Mereka dinamai asteroid 2062 Aten.
  4. Atiras: Asteroid Dekat Bumi yang orbitnya seluruhnya berada di dalam orbit Bumi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Partai Besutan Amien Rais Beri Sinyal Dukung Anies Baswedan di 2024

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement