Advertisement

Korea Utara Rilis Smartphone Baru, Harganya setara iPhone 12, Gimana Spesifikasinya?

Hesti Puji Lestari
Rabu, 31 Agustus 2022 - 10:07 WIB
Sirojul Khafid
Korea Utara Rilis Smartphone Baru, Harganya setara iPhone 12, Gimana Spesifikasinya? Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone - Apple

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Korea Utara dikabarkan sudah merilis ponsel terbaru mereka. Sebenarnya, ponsel tersebut sudah diperkenalkan ke publik sejak Ferbruari 2022 lalu. Ponsel terbaru dari negeri yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut bernama Madusan.

Smartphone Madusan dirilis tahun ini untuk menandai ulang tahun mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il pada 16 Februari, serta ulang tahun ke-110 mendiang pendiri Korea Utara Kim Il. 

Dilansir dari Darik News, ponsel terbaru buatan Korea Utara ini dibanderol dengan harga 750 dolar atau sekira Rp11 jutaan. Situs web Daily NK mengungkapkan bahwa Korea Utara berencana menjadikan Madusan sebagai produk ekspor utama.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Alasannya, menurut sumber internal, ponsel tersebut belum dijual di toko-toko di Korea Utara, tetapi telah muncul di halaman majalah perdagangan luar negeri. Karena harganya setara dengan iPhone 12, pecinta gadget tanah air tentu dibuat penasaran dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh HP Medusan ini.

BACA JUGA: Samsung dan Yayasan Bill Gates Kembangkan Toilet Aman

Namun tampaknya, kamu tak bisa berharap banyak. Sebab saat ini, keunggulan yang ditawarkan HP ini bukan terletak pada spesifikasinya yang mumpuni. Laporan menyebut, HP Madusan ini memiliki empat kamera di mana layarnya tanpa bingkai.

Smartphone ini tipis dan bagian belakangnya memiliki lapisan glossy, yang terbuat dari bahan premium. Fitur lengkapnya belum terungkap, tetapi perangkat ini diharapkan memiliki prosesor 8-core dan perangkat keras kelas menengah.

Korea Utara telah merilis dua atau tiga smartphone baru setahun dari 2017 hingga 2019. Akan tetapi, pandemi Covid-19 dan krisis chip telah menghantam industri smartphone Pyongyang yang baru lahir.

Menurut Daily NK, smartphone ini menawarkan peningkatan keamanan, foto yang bagus, dan banyak ruang penyimpanan. Namun, situs yang berbasis di Seoul mengklaim bahwa salah satu fitur Madusan adalah ketidakmampuan untuk menghapus riwayat online. Pengguna juga tidak dapat menyimpan atau menginstal file yang tidak disetujui oleh pihak berwenang.

Advertisement

BACA JUGA: NASA Akan Luncurkan Roket Raksasa ke Bulan, Tonggak Sejarah Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement