Advertisement

Pengiriman Ponsel ODM Xiaomi, Oppo, dan Lainnya Turun di Semester I/2022

Khadijah Shahnaz
Senin, 19 September 2022 - 04:37 WIB
Sirojul Khafid
Pengiriman Ponsel ODM Xiaomi, Oppo, dan Lainnya Turun di Semester I/2022 Vivo Y50t - PinkVilla

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pengiriman ponsel atau smartphone dari perusahaan ODM/IDH (Original Design Manufacture/Independent Design House) turun 3 persen YoY di semester I/2022. Hal ini berdasarkan riset dari Global Smartphone ODM Tracker and Report dari Counterpoint Research.

Sebagai informasi, ODM biasanya didominasi oleh ponsel lini mid-end dan low-end didominasi oleh smartphone ODM dari brand besar seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, dan lain-lain. Berdasarkan riset tersebut, pengiriman ponsel global juga turun lebih tajam di semester I/2022 karena hambatan ekonomi menjadi 8 persen yoy. 

Sementara pangsa pengiriman ponsel dari desain yang dialihdayakan (dari perusahaan ODM/IDH)  meningkat menjadi 39 persen di Semester 1/2022, naik dari 37 persen di Semester 1 2021.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Sederet Fitur iOS 16 yang Tiru Android: Ada Widget Lockscreen

Counterpoint Research menilai tren penurunan pengiriman perusahaan ODM/IDH didorong oleh kinerja yang lemah dari Oppo, dan Samsung, sementara peningkatan pesanan dari Vivo, Transision, dan Honor berkontribusi mengimbangi penurunan. 

Analis Riset Senior Shenghao Bai menambahkan, adanya dampak inflasi, kenaikan harga pangan dan energi di beberapa wilayah jelas, dan konsumsi pribadi melemah, konsumen akan cenderung memilih produk yang terjangkau. OEM juga berjuang dengan tekanan biaya, dimungkinkan untuk mengalokasikan lebih banyak produk kelas menengah ke bawah ke ODM di masa mendatang. 

"Misalnya, proporsi pengiriman ODM in vivo naik menjadi 20 persen pada semester II/ 2022, setelah perangkat buatan ODM pertamanya pada semester II/2021.” jelasnya.

BACA JUGA: Selama Ini Indonesia Cuma Bisa Impor Inverter, Pemuda Jogja Sukses Kembangkan Teknologinya

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement