Advertisement

Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Uang dari Iklan

Khadijah Shahnaz
Jum'at, 23 September 2022 - 05:27 WIB
Sirojul Khafid
Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Uang dari Iklan Ilustrasi YouTube. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—YouTube akan memperkenalkan iklan pada fitur video Shorts. Sehingga pembuat atau kreator konten bisa mendapatkan uang, sama seperti TikTok.

Dilansir dari CNET, Kamis (22/9/2022), anak usaha Google ini akan memberikan pembuat konden 45 persen dari pendapatan video. Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan distribusi standarnya sebesar 55 persen untuk video di luar Shorts, dan dana US$1 miliar (Rp15 triliun) TikTok untuk pembuat konten (kreator).

"Ini adalah pertama kalinya bagi hasil nyata ditawarkan untuk video berdurasi pendek pada platform apa pun dalam skala besar," kata Chief Product Officer YouTube Neal Mohan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dia menjelaskan mulai tahun depan, pembuat konten yang mencapai 10 juta penayangan Shorts dan memiliki 1.000 pelanggan selama 90 hari dapat mengajukan permohonan kemitraan, yang akan membuka kunci kemampuan untuk memperoleh bagian 45 persen dari pendapatan iklan serta fitur penghasil uang lainnya di YouTube, seperti sebagai langganan saluran.

BACA JUGA: Lubang di Lapisan Ozon Bumi Segera Tertutup

Sementara, saluran YouTube tradisional membutuhkan 1.000 pelanggan dan harus mengumpulkan 4.000 jam tontonan publik untuk video mereka dalam 12 bulan terakhir agar memenuhi syarat untuk kemitraan.

Setiap bulan, YouTube akan mengumpulkan uang dari semua iklan Shorts-nya. Satu porsi akan didedikasikan untuk membayar lisensi musik.

Satu lagi akan dialokasikan untuk kreator, yang mendapatkan 45 persen dari porsi itu. Setiap kreator akan dibayar secara proporsional berdasarkan bagian mereka dari total penayangan Shorts bulan itu.

Dari sisi TikTok, pada awal tahun ini media sosial asal China sedang menjajaki program bagi hasil iklan pertamanya. Program ini akan membayar 50 persen dari uang yang dihasilkan dari beberapa iklan kepada pembuat konten top, tokoh masyarakat, dan penerbit lain yang postingnya berjalan di sebelah iklan tersebut.

Advertisement

Agar memenuhi syarat untuk program ini, akun TikTok membutuhkan minimal 100.000 pengikut pada awalnya.

BACA JUGA: Update Terbaru Windows 11, Ini Deretan Fitur Canggihnya

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement