Advertisement

Daftar 13 Extension Google Chrome dan Fungsinya

Afiffah Rahmah Nurdifa
Minggu, 25 September 2022 - 01:37 WIB
Sirojul Khafid
Daftar 13 Extension Google Chrome dan Fungsinya Ilustrasi Google. - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Aplikasi Google Chrome merupakan browser besutan Google yang populer di berbagai kalangan. Apalagi, aplikasi peramban ini memiliki berbagai fitur extension atau ekstensi menarik yang mempermudah pekerjaan Anda di laptop/PC. 

Extension pada Google Chrome diartikan sebagai fitur atau aplikasi penunjang yang dapat diinstal untuk menambah nilai guna dari browser tersebut. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Anda dapat mencari berbagai extension ini di Chrome Web Store. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh dan menekan "Add-on Chrome" pada fitur yang ingin Anda pasang. 

Ini Daftar 13 Extension Google Chrome dan Fungsinya

1. ScribeHow 

Extension ini dapat Anda gunakan untuk mendokumentasi sesuatu dan mengubahnya menjadi panduan atau langkah-langkah, tulisan, ataupun tangkapan layar. Pengguna hanya perlu menekan Record dan Scribe akan memproses sesuai kebutuhan. 

Adapun fitur yang diandalkan yaitu panduan step by step secara otomatis, mengubah teks maupun gambar, share dengan satu klik, memasukan ke CMS dengan muda, dan mengontrol keamanan. 

Biasanya, Scribe direkomendasikan untuk dokumen seperti panduan step-by-step, standard operation procedure (SOP), instruksi kerja, anotasi dari tangkapan layar, dokumentasi proses, dan panduan pelatihan. 

2. Save image as Type 

Fitur ini digunakan untuk mengunduh gambar apabila file yang ingin diunduh justru memiliki format file WebP. Extension ini mencegah hal tersebut dan membuat pengguna dengan mudah memilih untuk mengunduhnya sebagai JPG, PNG, atau WebP. 

3. Save to Pocket 

Anda mungkin pernah menemukan video Youtube, utas di Twitter, artikel menarik di tengah waktu bekerja. Dengan extension ini, Anda dapat menyinpannya ke suatu folder untuk dibaca atau dilihat lain waktu. 

Advertisement

BACA JUGA: Kreator YouTube Shorts Bisa Dapat Uang dari Iklan

4. Tab Suspender

Tahukah Anda di Google Chrome, penggunaan 15 tab dapat berkisar dari 1-2 GB memori. Extension ini dapat membuat tab yang tidak aktif menjadi offline sampai Anda menggunakannya lagi. Dengan begitu, kecepatan PC/laptop Anda tetap berjalan dengan kecepatan maksismum meski membuka banyak tab.

5. Dark Reader

Membaca di pagi atau malam hari dapat membuat mata Anda lelah. Dark Reader dapat mengubah warna cerah dan menjadikan kontras tinggi jauh lebih baik untuk dipandang mata, sehingga pengalaman membaca kamu lebih nyaman dan aman. 

Advertisement

6. Wordtune 

Bagi Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan tulis menulis, maka Wordtune merupakan extension yang sangat membantu. Fitur ini dapat mengubah kata-kata yang Anda tulis menjadi lebih jelas dan ringkas. Ini akan maksimal digunakan untuk membuat copy text atau copywritring, membuat utas Twitter, atau menulis konten lainnya.

7. Save to Google Drive

Extension ini memungkinkan Anda untuk menyimpan hal-hal yang Anda temukan langsung ke Google Drive milik Anda. Tentunya ini sangat berguna untuk menyimpan tautan dan gambar ke dalam satu file. 

8. Toggl Track

Fitur ini membantu Anda memantau waktu untuk melakukan suatu pekerjaan. Saat bekerja, Anda mungkin beberapa kali bertanya berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjan klien A? Berapa banyak waktu untuk menggunakan Twitter? Dengan Toggl Track, Anda dapat melihat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan tugas tertentu. 

BACA JUGA: Ini Cara Download Video Facebook Tanpa Menggunakan Aplikasi

Advertisement

9. Mobile Simulator 

Google Chrome memiliki extension yang dapat bermanfaat bagi para desainer web. Anda dapat menguji berbagai sudut pandang website dengan 45 ukuran layar yang berbeda. Periksa ukuran yang paling populer digunakan sehingga situs format Anda lebih ideal. 

10. Similar Sites

Saat sedang menelusuri internet, Anda mungkin pernah menemukan situs yang bagus dan tertarik untuk menelusuri situs serupa. Dengan extension ini, Anda dapat menemukan lebih banyak situs yang Anda sukai. 

11. LastPass

Kata sandi atau Password adalah hal yang amat penting. Memegang berbagai akun dengan kata sandi yang berbeda mungkin akan membuat Anda kesulitan. Extension ini membantu Anda untuk mengorganisasi dan menyimpan kata sandi dengan aman. 

Advertisement

Bahkan, kata sandi juga dapat dibagikan tanpa memperlihatkan elemen-elemen di dalamnya. Kata sandi akan tetap tersembunyi. 

12. Todoist

Buku catatan kecil untuk menjadwalkan daftar tugas tertentu seringkali tidak berhasil. Dengan extension ini, Anda dapat membuat daftar tugas, memecahkan menjadi sub-sub tugas, memindahkan proyek, berbagai proyek, mengatur pengingat, dan mengintegrasikannya. 

13. Wappalyzer

Extension ini menarik karena Anda dapat memiliki kemampuan untuk melihat performa situs web tertentu mulai dari hosting, building, ecom, dan hingga analytics. Dengan begitu, Anda dapat menganalisis situs dan mencari tahu untuk menerapkan hal yang sama ke dalam situs Anda. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Kurangi Bencana, FPRB Bantul Tanam Mangrove di Baros

Jogja
| Minggu, 04 Desember 2022, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement