Advertisement

Keren! Mahasiswa Teknik Fisika UGM Ini Ciptakan Jam Tangan Pintar Pemantau Stres

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Keren! Mahasiswa Teknik Fisika UGM Ini Ciptakan Jam Tangan Pintar Pemantau Stres Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Mahasiswa Teknik Fisika UGM, Atanasius Tora Rangga Kaleka, menggagas pengembangan Stress Watch atau jam tangan pintar yang memungkinkan penggunanya untuk memantau tingkat stres.

Tora menjelaskan Stress Watch dirancang dengan terhubung ke ponsel melalui koneksi bluetooth. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan beberapa parameter untuk mendeteksi tingkat stres seseorang yang terdiri dari perubahan detak jantung, perubahan tekanan darah, keringat, dan perubahan suhu.

Advertisement

Selain itu, ditambah dengan fitur berupa pengingat, alarm, catatan, komunikasi dokter dan pengukur langkah. “Apabila seseorang mengalami stres yang berkepanjangan maka rumah sakit siap untuk memberikan penanganan dan dokter dapat menghubungi pasien secara daring,” ujarnya, Rabu (5/10/2022).

BACA JUGA: Daftar Fenomena Langit Sepanjang Oktober 2022: Hujan Meteor dan Gerhana Matahari

Hubungan antara rumah sakit dengan pengguna dapat tercatat pada rekam kesehatan medis setempat. Ia menjelaskan latar belakang gagasan pengembangan Stress Watch terkait dengan kondisi masyarakat saat ini yang rentan terkena stres, termasuk kalangan mahasiswa.

Menurutnya, stres harus dikelola dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan persoalan kesehtaan mental yang lebih serius dan membahayakan diri.

“Oleh sebab itu, saya berpikir untuk mengembangkan suatu alat yang mampu mendeteksi atau mengukur tingkat stres seseorang dan membantu menghubungkan dengan tenaga professional,” ungkapnya.

Ide pengembangan Stress Watch sebagai solusi pencegahan stres ini pun berhasil menghantarkan Tora meraih juara pertama kompetisi menulis esai nasional IAIN Pekalongan Mathematics Competition 2022 pada September lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement