Caption Foto Bisa Sematkan Tautan tapi Berbayar, Begini Klarifikasi Instagram

Logo Instagram - Istimewa
16 September 2020 09:17 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Instagram memiliki fitur baru yakni bisa menyematkan tautan pada unggahan caption. Namun, fitur ini berbayar. Manajemen aplikasi ini akhirnya angkat bicara terkait dengan beredarnya informasi mengenai kehadiran fitur terbarunya.

Fitur terbaru yang dimaksud adalah tautan (link) yang disematkan pada keterangan unggahan (caption) masing-masing penggunanya. Fitur tersebut dapat digunakan dengan biaya tambahan sebesar US$2 untuk satu tautan yang disematkan.

Baca juga: ROG Strix SCAR Edition, Resep untuk Menang di Segala Permainan

Melansir The Verge pada Selasa (15/9/2020), seorang juru bicara Instagram menyatakan bahwa tidak akan menghadirkan fitur tersebut walaupun patennya sudah diajukan kepada United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Instagram juga menyebut belum berencana menambahkan tautan ke keterangan foto secara cuma-cuma walaupu permintaan akan fitur tersebut tak sedikit.

Permohonan paten oleh Instagram ditemukan oleh Mike Murphy dalam pengumpulan paten teknologi mingguannya di Protokol.

Baca juga: Antisipasi Zoombombing, Ini Cara Agar Rapat Zoom Berjalan Aman

Paten yang diajukan oleh Facebook-perusahaan induk dari Instagram itu memperlihatkan pop-up ketika pengguna mencoba menyertakan tautan di caption tersebut.

Pop-up yang tampil bertanya kepada pengguna apakah mereka bersedia membayar US$2 untuk menayangkan tautan tersebut di caption mereka.

Seperti diketahui, selama ini pengguna Instagram hanya bisa menuliskan alamat situs/laman tanpa bisa menyertakan tautan langsung. Oleh karena itu, kebanyakan influencer atau pelaku usaha memilih untuk menempatkan tautan di bio atau unggahan stories khusus akun terverifikasi.

Sumber : Bisnis.com