Advertisement

Badai Matahari Bakal Hantam Bumi Hari Ini, 4 Agustus 2022

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 04 Agustus 2022 - 04:27 WIB
Sirojul Khafid
Badai Matahari Bakal Hantam Bumi Hari Ini, 4 Agustus 2022 Gambar lubang korona 13 Maret 2019. - Instagram @lapan_ri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Angin matahari berkecepatan tinggi dari "lubang" di atmosfer matahari akan menghantam medan magnet Bumi. Hal ini diperkirakan terjadi Rabu 3 Agustus waktu AS atau Kamis 4 Agustus waktu Indonesia. Fenomena ini diprediksi dapat memicu badai geomagnetik G-1.

Peramal di Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa National Oceanic and Atmospheric Administration ( SWPC) membuat prediksi setelah mengamati bahwa "bahan gas mengalir dari lubang selatan di atmosfer matahari," menurut spaceweather.com seperti dilansir dari Livescience.

Advertisement

Lubang koronal adalah area di atmosfer bagian atas matahari di mana gas listrik (atau plasma) bintang kita lebih dingin dan kurang padat. Lubang-lubang seperti itu juga merupakan tempat garis-garis medan magnet matahari, alih-alih berputar kembali ke dalam dirinya sendiri, memancarkan sinar ke luar angkasa.

Hal ini memungkinkan material matahari untuk keluar dalam arus deras yang bergerak dengan kecepatan hingga 1,8 juta mil per jam (2,9 juta kilometer per jam), menurut Exploratorium, sebuah museum sains di San Francisco.

BACA JUGA: Apakah Benar Bumi Sudah Berada di Ujung Kepunahan?

Badai yang dihasilkan oleh puing-puing ini akan lemah. Sebagai badai geomagnetik G1, badai ini berpotensi menyebabkan fluktuasi kecil pada jaringan listrik dan memengaruhi beberapa fungsi satelit termasuk untuk perangkat seluler dan sistem GPS. Ini juga akan membawa aurora ke selatan sejauh Michigan dan Maine.

Badai geomagnetik yang lebih ekstrem dapat mengganggu medan magnet planet kita dengan cukup kuat untuk mengirim satelit jatuh ke Bumi, Live Science sebelumnya melaporkan, dan para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai geomagnetik ekstrem bahkan dapat melumpuhkan internet.

Puing-puing yang meletus dari matahari, atau lontaran massa korona (CME), biasanya memakan waktu sekitar 15 hingga 18 jam untuk mencapai Bumi, menurut Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa.

Badai ini datang saat matahari memasuki fase paling aktif dari siklus matahari sekitar 11 tahun.

Para astronom telah mengetahui sejak 1775 bahwa aktivitas matahari naik dan turun dalam siklus, tetapi baru-baru ini, matahari menjadi lebih aktif dari yang diperkirakan, dengan hampir dua kali lipat penampakan bintik matahari yang diprediksi oleh NOAA.

Para ilmuwan mengantisipasi bahwa aktivitas matahari akan terus meningkat selama beberapa tahun ke depan, mencapai maksimum keseluruhan pada tahun 2025 sebelum menurun lagi. Sebuah makalah yang diterbitkan 20 Juli di jurnal Astronomy and Astrophysics mengusulkan model baru untuk aktivitas matahari dengan menghitung bintik matahari secara terpisah di setiap belahan bumi metode yang menurut para peneliti makalah dapat digunakan untuk membuat perkiraan matahari yang lebih akurat.

BACA JUGA: Serpihan Roket Antariksa China Jatuh di Wilayah Kalimantan Barat

Para ilmuwan berpikir badai matahari terbesar yang pernah disaksikan selama sejarah kontemporer adalah Peristiwa Carrington 1859, yang melepaskan energi yang kira-kira sama dengan 10 miliar bom atom 1 megaton.

Setelah menghantam Bumi, aliran partikel matahari yang kuat menggoreng sistem telegraf di seluruh dunia dan menyebabkan aurora lebih terang dari cahaya bulan purnama muncul sejauh selatan Karibia.

Jika peristiwa serupa terjadi hari ini, para ilmuwan memperingatkan, hal itu akan menyebabkan kerusakan triliunan dolar dan memicu pemadaman listrik yang meluas, seperti badai matahari 1989 yang melepaskan satu miliar ton gas dan menyebabkan pemadaman di seluruh provinsi Kanada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement